Pages

Minggu, 01 Mei 2011

haaaaaaaaaaai assalamu'alaikum

blog baru :)
posting pertama ^^
setelah sekian lama tidak pernah blogging entah kenapa tiba-tiba terpikir untuk blogging kembali
yeay :D

hemm
jadi inget
dulu waktu SMA saya getol sekali menulis
seringnya menulis cerpen
ada satu buku tulis yang penuh dengan cerpen-cerpen tulisan saya
biasa lah cerita remaja, gag jauh-jauh dari "cinta-cintaan"
hehe
padahal ngerti aja gag apa itu cinta
saya dulu juga bercita-cita pengen jadi penulis terkenal, bikin novel terus jadi best seller sampai akhirnya ada sutradara yang berminat menjadikannya film
sempet juga pengen ikut lomba nulis cerpen di beberapa majalah, tapi selalu gagal
alasan pertama dan satu-satunya : gag PD
karena memang pada dasarnya saya juga sadar, masih banyak kekurangan dalam tulisan saya, nah itu dia yang membuat nyali jadi ciut

Dulu waktu SMA ada satu teman saya yang memang pinter sekali dalam hal tulis-menulis, ia bahkan menjadi wartawan siswa di salah satu koran, nah dari dia juga saya belajar. saya sering bertanya padanya bagaimana caranya menulis yang baik, yang bisa menarik pembaca untuk membacanya sampai selesai dan juga bisa mempengaruhi pembaca, maksudnya inti atau pesan dari tulisan saya bisa tersampaikan. sempat beberapa cerpen saya, saya tunjukan kepada dia untuk meminta beberapa pendapat sekaligus koreksi. Kalau saya rangkum dari beberapa pendapat dia intinya tulisan saya itu :
- tidak jelas alurnya, pembaca jadi bingung, jadi pesannya tidak tersampaikan
- ceritanya tidak fokus, tema atau poin dari ceritanya jadi tidak tampak, lagi-lagi ini membuat pembaca bingung
- ada beberapa poin yang harusnya lebih saya ceritakan secara detail, karena memang itu inti dari ceritannya tapi nyatanya saya hanya menyinggungfnya sedikit, jadi kembali lagi "masih kurang fokus"

Itu dia beberapa koreksi dari dia, harusnya kritik itu membangun, iya kan? memang harusnya begitu. saya juga tau maksud dia memberi kritik seperti itu bukan semata-mata untuk meremehkan karya saya tapi karena di ingin saya bisa membuat tulisan yang lebih baik lagi nantinya. tapi dasarnya saya yang rendah sekali daya juangnya, semenjak sering dikritik seperti itu saya jadi berhenti menulis. sudah lama seklai tidak menulis cerpen atau apapun paling hanya sepenggal kalimat yang tiba-tiba terlintas lalu saya tulis, tapi tak beralur, tak bercerita hanya berita. hehe
payah deh.....

Nah, entah kenapa sekarang jadi ingin menulis lagi. siapa yang peduli hasilnya bagus atau tidak untuk orang lain, siapa juga yang peduli akan ada berapa banyak ejekan atau mungkin kritik, toh itukan juga nantinya untuk membangun saya. Bukankah agar tau mana bagian yang salah butuh koreksi? kritik. Dan kalau memang tidak ada yang mau membaca, biar saya saja yang membaca :D

Oke, jadi kuliah di kedokteran bukan berarti tidak bisa jadi penulis kan? bisa saja nanti suatu hari cita-cita saya untuk menulis novel dan menjadikannya film terwujud hehe
amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar